STOP! Perang Harga

Persaingan harga di dalam bisnis online pasti terjadi dan menurunkan harga produk adalah cara yang sangat efektif untuk menarik minat konsumen, namun apakah anda tau jika persaingan harga sudah tidak waras lagi karena akan melemahkan brand produk di mata konsumen dan nilainya pun menjadi turun. 

Seharusnya sebuah kompetisi menguatkan dan menunjukkan kelebihan produk yang dimiliki dan bukan menunjukkan jika mereka murahan atau gampangan atau hanya sekedar ingin produk laku keras, cepat habis atau mengejar hadiah yang diberikan perusahaan. Mungkin, sekali atau dua kali cara ini efektif untuk memikat pelanggan, namun pelanggan yang cerdas tidak hanya akan memilih produk berdasarkan harga tapi juga kualitas dan pelayanan dan bila terus menurunkan harga maka usaha anda akan bangkrut karena pengeluaran modal dan operasional tidak seimbang dengan pemasukan yang diterima akibat banyak memberikan harga murah. Anda tidak boleh sampai termakan ataupun ikut dalam perang harga jika tidak ingin bisnis yang anda jalankan hanya mejadi sebuah investasi jangka pendek. Anda tidak perlu kebakaran jenggot jika pesaing anda memberikan harga yang rendah kepada customer. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari persaingan harga diantaranya:
  1. Buat perbedaan pelayanan, seperti pelayanan yang lebih ramah, fast respon dan memberikan layanan after sales service yaitu tetap memberikan layanan kepada customer setelah mereka membeli produk anda. Misal, menanyakan pertanyaan “apakah barang sudah diterima”, “apa ada kerusakan barang ketika diterima?” serta terus menjalin keakraban dengan customer misal memberikan perhatian kecil misal mengucapkakn selamat ulang tahun, mengomentari postingan status dll. Terkadang customer memutuskan untuk membeli suatu produk bukan karena mereka benar-benar membutuhkan produk tersebut namun karena kedekatan mereka dengan anda. Jalinlah keakraban sewajarnya tapi konsisten maka cepat atau lambat anda akan merasakan dampaknya
  2. Ubah Tampilan Produk, jika anda adalah seorang dropshipper, maka anda harus mulai tidak bergantung dengan fasilitas yang ditawarkan oleh supplier. Latihlah mencoba membuat foto produk sendiri, mengkonsep dan mendesain postingan semenarik mungkin. Hal tsb akan membuat perbedaan besar antara anda dengan pesaing 
  3. Bangun brand image, anda bisa membranding toko online anda misalnya sebagai “toko camilan Halal” untuk menciptakan mindset banyak orang agar ketika mencari camilan Halal akan langsung ingat dengan toko online anda
  4. Berikan penawaran yang mengikat emosional, contohya anda bisa menawarkan voucher pulsa gratis atau belanja dengan membeli produk anda dengan minimal nominal tertentu. Bedakan antara diskon dengan memberi voucher. Diskon akan mengurangi profit, hal tersebut sama saja dengan banting harga
  5.  Kombinasikan produk, misalnya membeli MOIAA sepaket dengan cup puding 

Sumber: Google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard