Lemak Pada Susu berbahaya?

Lemak sering dilihat sebagai zat yang bisa meningkatkan beberapa potensi penyakit yang buruk bagi tubuh, tetapi in fact lemak adalah salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak menjadi salah satu sumber tenaga sehingga tubuh bisa melakukan berbagai aktifitas yang nyaman.
Menurut Elisabeth Weichselbaum, Fontera Senior Research Scientist and Nutritionist, susu merupakan salah satu sumber lemak yang alami “Fakta menunjukkan bahwa produk berbasis susu terbukti memberikan manfaat untuk mengurangi resiko penyakit stroke, diabetes, darah tinggi serta sindrom metabolism,” jelas Weichselbaum.
Saat pedoman diet menganjurkan untuk membatasi asupan lemak, para ahli kini setuju bahwa faktanya asupan total lemak tidak memiliki efek yang signifikan terhadap resiko penyakit. Fakta terbaru juga mengatakan bahwa peran lemak jenuh, terutama peran susu sebagai sumber lemak jenuh pada penyakit kardiovaskular dan kesehatan secara keseluruhan menjadi sangat berlebihan.

Cara Mengatur Asupan Lemak untuk Tubuh

Meskipun manfaat lemak bagi tubuh cukup vital, namun sebaiknya kita mengatur kadarnya, karena jika berlebihan bisa berbahaya. Berikut ini beberapa tips untuk membantu memenuhi kebutuhan lemak bagi tubuh:
  1. Pahami jenis lemak pada makanan yang akan dikonsumsi. Anda bisa membaca jumlah dan jenis lemak yang terkandung dalam makanan tersebut dari tabel nutrisi pada kemasan. 
  2.  Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan lemak dari daging 
  3.  Sering konsumsi beberapa jenis lemak yang terdapat pada ikan (ikan salmon, ikan kod dan ikan tuna) 
  4. Hindari memakai jenis minyak dari tanaman seperti minyak sawit, gunakan minyak zaitun atau minyak conola
  5.  Konsumsi jenis susu yang mengandung emak dalam jumlah rendah atau susu rendah lemak 
  6. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak nabati atau minyak sawit



--
Sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox

@templatesyard